KUPANG---Pengadaan semua logistik untuk pemilihan kepala daerah, baik pemilihan gubernur-wakil gubernur maupun pemilihan bupati-wakil bupati, harus teliti dan cermat sehingga tidak bermasalah dalam administrasi keuangan.

 

Harapan itu dikemukakan Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe, ketika membuka rapat koordinasi pengelolaan logistik pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018, Selasa (23/1/2018), di Hotel Ima, Kupang. Selain  Ketua KPU NTT, rapat itu dihadiri  Komisioner KPU NTT Divisi Teknis, Thomas Dohu, Divisi Data, Theresia Siti, dan Sekretaris KPU NTT, Ubaldus Gogi, serta ketua, sekretaris dan bagian program dari 22 KPU kabupaten/kota se-NTT.

 

Maryanti ketika membuka rapat koordinasi tersebut mengatakan, pada momentum pilkada serentak di NTT akan diadakan logistik pilkada. Diharapkan  agar KPU kabupaten bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik dan benar sehingga semua proses berjalan dengan lancar.

 

Maryanti mengingatkan, pengadaan logistik sangat rawan dengan isu uang yang digunakan untuk pengadaan logistik tersebut. Karena itu butuh koordinasi dengan kepolisian dan kejaksaan guna menghindari celah melakukan kesalahan-kesalahan.  "Sinergi kita dengan pihak kepolisian dan kejaksaan untuk memberikan gambaran mengenai pengadaan logistik dan bagaimana caranya agar pengadaan logistik tersebut tidak mencederai aturan yang berlaku," tegasnya.

 

Pengadaan dan pengelolaan logistic, kata Maryanti, juga harus lengkap baik dari segi formulir maupun bahan dokumen logistik lainnya yang harus dilaporkan kepada komisioner.  Komunikasi yang baik antara penyelenggara terkait laporan juga harus dibangun sehingga pengadaan logistik dapat dipertanggungjawabkan dengan dokumen-dokumen yang sah. 

 

"Jangan main-main dengan pengadaan logistik, karena semua pandangan tertuju pada kita sekalipun  mereka tidak berkomentar.  Oleh sebab itu saya minta kepada semua kita agar mentaati semua peraturan dan tidak ada lagi yang kedapatan pada saat pengauditan oleh BPK. Kita juga harus transparan dalam melaksanakan tugas kita sampai selesai," pinta Maryanti. (tim media kpu ntt)


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi