KUPANG—Hasil verifikasi faktual terhadap empat partai lama di NTT, Minggu (28/1/2018), Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) lengkap dan sah. Dua partai lain yang diverifikasi Minggu, yakni PDIP dan Partai Gerindra belum lengkap.

 

Di Kota Kupang hari pertama tahapan verifikasi faktual partai politik, KPU NTT mendatangi empat partai politik, yakni Nadem, PKB, PDIP dan Gerindra. Verifikasi faktual dilakukan sampai 30 Januari 2018.  Ada empat tim verifikator yang terjun ke markas partai–partai politik, yakni Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe, Gasim, Yosafat Kili dan Thomas Dohu dan beberapa staf KPU NTT.

 

Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe, mengatakan melaksanakan verifikasi faktual terhadap partai politik lama itu untuk membuktikan keabsahan dan kebenaran persyaratan partai politik calon peserta pemilu 2019. "Secara umum verifikasi faktual dilakukan terhadap tiga hal antara lain  pencocokan nama pengurus, ketua, sekretaris dan bendahara yang tercantum dalam formulir lampiran 2 Model F1-Parpol; menemui dan mencocokkan nama pengurus perempuan yang tercantum dalam formulir Lampiran Model F3-Parpol; mencocokkan domisili kantor tetap yang tercantum dalam surat keterangan alamat kantor tetap dari camat/lurah/kepala desa,"  jelas Maryanti.

 

Hasil verifikasi faktual ke 4 partai politik hari ini yang dilakukan oleh Tim KPU NTT, yakni Partai Nasdem dan PKB secara sah dinyatakan lengkap. Sedangkan  Partai Gerindra belum lengkap karena No KTA dan KTP tidak sesuai,  sementara PDI-P No KTA tidak sesuai. (tim media kpu ntt)


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi