KUPANG—Sebanyak 16 partai politik (Parpol) lolos verifikasi faktual.  Partai-partai yang lolos verifikasi  oleh KPU NTT yakni Partai Nasdem, PKS, Gerindra,  PPP, PDI-P, Demokrat, PKPI, Perindo, Partai Berkarya,  Partai Garuda, PSI, Golkar, PBB, PAN, Hanura, dan PKB.

 

Penetapan hasil verifikasi partai politik di NTT itu dilakukan dalam rapat pleno terbuka, Minggu (11/2/2018), di Hotel Ima Kupang.

 

Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe,  pada rapat itu mengatakan sesuai jadwal dalam peraturan KPU Nomor 5 rekapitulasi verifikasi faktual dilaksanakan tanggal 11 - 12 Februari 2018.  “Kami atas nama KPU  NTT mohon maaf karena harus melaksanakan kegiatan ini di hari Minggu. Namun harapan kami sekarang ini seluruh umat Nasrani telah selesai melaksanakan ibadah, sehingga kita bisa melanjutkan dengan tahapan penetapan hasil verifikasi,” kata Maryanti.

 

Lanjutnya, di tingkat pusat, kata Maryanti, ada 27 partai politik yang telah mendaftar ke KPU RI. Namun dalam tahapan yang dilalui, partai politik yang berhasil memenuhi syarat administrasi termasuk partai politik  yang sudah ditetapkan dapat mengikuti tahapan selanjutnya (verifikasi faktual) sebanyak 16 parpol.

 

“Verifikasi faktual tingkat kabupaten/kota di NTT sudah dilaksanakan sejak tanggal 6 Februari 2018. Selanjutnya pada tanggal 9 - 10 Februari 2018 KPU kabupaten/kota telah menyampaikan hasil verifikasi faktual ke KPU NTT, sehingga hari ini KPU NTT menetapkan hasil verifikasi faktual yang  akan diserahkan kepada masing-masing partai politik dan Bawaslu NTT,” tegasnya.

 

Sejak pendaftaran sampai dengan hari ini, kata Maryanti, semua berkas administrasi partai politik menggunakan aplikasi sipol. “Kami menyadari penggunaan aplikasi tersebut cukup rumit, tetapi aplikasi sipol tersebut dapat mempermudah dan membantu kita dalam melengkapi seluruhnya mengenai data administrasi partai politik,” katanya.

 

“Kami akan membacakan hasil verifikasi faktual partai politik kabupaten/kota yang diambil dari aplikasi sipol yang datanya bersumber dari KPU kabupaten/kota sesuai dengan hasil verifikasi faktual yang telah dilaksanakan. Hasil verifikasi faktual parpol akan dibacakan sesuai dengan urutan data yang masuk pada aplikasi sipol,” kata Maryanti.

 

KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota, kata Maryanti, telah melakukan verifikasi kepada  16 partai politik yang mengikuti pemilu dan semuanya dinyatakan lolos verifikasi oleh KPU NTT pada rapat pleno terbua yang diakukan di Aula Hotel Ima Kupang, Jumat 11 Februari 2018. (tim media kpu ntt)


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi