KUPANG—Isu penarikan dukungan partai politik menyusul tertangkapnya calon Gubernur NTT, Marianus Sae, oleh KPK ditanggapi Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe. Maryanti mengatakan, sejauh ini KPU NTT belum mendapat pemberitahuan lisan dan tertulis dari partai pengusung paket Marianus Sae-Emelia J Nomleni perihal penarikan dukungan itu.

 

Maryanti mengingatkan partai pengusung sebaiknya tidak menarik dukungan karena sanksinya sangat berat.  “Sampai saat ini pernyataan penarikan dukungan tersebut belum disampaikan kepada KPU NTT baik secara lisan maupun secara tertulis. Jadi kami belum tahu dan belum mengambil keputusan.  Kami hanya membaca melalui media, namun penyampaian secara resmi dari partai politik yang bersangkutan kepada KPU belum ada,"  kata Maryanti usai rapat pleno  penarikan nomor urut pasangan calon gubernur-wakil gubernur di Hotel Asthon, Kupang, Selasa (13/2/2018) pagi.

 

Namun jika memang ada penarikan dukungan dari partai politi, kata Maryanti, KPU akan menyesuaikan dengan pasal-pasal yang ada di Peraturan KPU tentang penarikan dukungan tersebut.

 

"Jika memang ada, kami akan menyesuaikan dengan pasal-pasal yang tertera dalam peraturan KPU. Jadi jika menarik dukungan, maka pasangan calon akan dinyatakan gugur dan kami akan membuat pemberitahuan secara resmi kepada pasangan calon bahwa dukungan dari partai politik telah ditarik secara resmi,” tuturnya.

 

Maryanti mengingatkan bahwa partai politik yang menarik dukungan dari pasangan calon yang sudah diajukan, maka pada pilkada yang akan datang atau lima tahun yang akan datang tidak dapat mengajukan pasangan calonnya. 

 

"Jangan lupa jika ada partai politik yang menarik dukungannya kepada salah satu pasangan calon, maka dalam pilkada berikut atau lima tahun yang akan datang tidak dapat mengajukan pasangan calon dari partai politik tersebut, sehingga partai politik harus berpikir lebih jauh untuk menarik dukungannya," tegasnya mengingatkan.  (tim media kpu ntt)


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi