KUPANG—Pemilih potensial yang belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) maupun surat keterangan pengganti e-KTP dihimbau untuk terus berupaya mendapatkan kartu identitas diri itu. Jika blangko e-KTP belum tersedia, warga sekurang-kurangnya bisa melakukan proses perekaman di Dukcapil kabupaten.

 

Harapan sekaligus himbauan itu dikemukakan Juru Bicara KPU NTT, Yosafat Koli, menyusul penetapan DPT Pilgub NTT. Yosafat yang dihubungi Minggu (29/4/2018) malam mengatakan, “DPT yang sudah ditetapkan itu jadi acuan bersama semua pihak, terutama untuk KPU dalam proses mencetak surat suara.”

 

Total DPT yang sudah ditetapkan KPU NTT Minggu siang, kata Yosafat, sudah merupakan DPT final dan akan menjadi rujukan. Tetapi pemilih potensial yang belum memilik e-KTP, Yosafat menghimbau untuk terus berjuang memiliki kartu identitas itu.

 

“Point saya adalah jangan pernah  berhenti berusaha mendapatkan e-KTP itu. Kalau memang blangkonya tidak ada lagi, tolong melakukan perekaman, sehingga bisa menggunakan hak pilihnya. Kalau tidak ada e-KTP dan atau surat keterangan pengganti e-KTP memang tidak bisa menggunakan hak pilih,” kata Yosafat.

 

Yosafat mengakui hingga pekan lalu masih  terdapat 139.476 pemilih non E-KTP di NTT. Tetapi dalam seminggu ini banyak warga mengurus e-KTP-nya sehingga bisa masuk dalam DPT.   “Saya baru pulang dari Sumba Barat Daya. Di sana warga begitu antusias urus e-KTP-nya. Dan memang warga yang sebelumnya tidak punya e-KTP bisa mendapatkannya sehingga bisa masuk dalam DPT,” kata Yosafat.

 

Dia menambahkan, meski pada hari H pencoblosan nama tidak ada dalam DPT tetapi punya e-KTP atau surat keterangan pengganti e-KTP, bisa menggunakan hak pilih. “Artinya mereka ada perlakuan khusus nanti,” tegas Yosafat. (tim media kpu ntt)


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi