KUPANG—Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan sosialisasi bertajuk pemilih berintegritas bagi masyarakat di Aula KPU NTT, Rabu (2/5/2018).

 

Sosialisasi pemilih berintegritas ini diikuti puluhan mahasiswa dan masyarakat yang tergabung dalam komunitas peduli pemilu.  Anggota KPU NTT, Theresia Siti, ketika membuka kegiatan itu mengatakan, ada beberapa indikator seorang pemilih dikatakan berintegritas. Yakni cerdas mengenali calon kepada daerah, cermat melihat visi-misi, mengetahui dengan jelas rekam jejak calon, dan bukan karena uang atau relasi, bahkan suku dan agama sehingga pemilih memilih calon tersebut.

 

"Seorang pemilih harus cerdas dan cermat dalam memilih calon kepala daerah, bukan karena uang ataupun relasi ia memilih kepala daerah tersebut, namun karena keyakinannya bahwa calon yang dia pilih benar-benar memberikan yang terbaik bagi daerah lima tahun ke depan," tegas Theresia.

 

Menurut Theresia, biasanya pemilih tidak ambil pusing dengan rekam jejak dari calon. Masyarakat bingung figur yang akan mereka pilih sehingga pada akhirnya jika ada calon yang mengumbar janji mereka langsung termakan isu.

 

Sementara, Ben Hardy Saragih, Ketua Tim Pendaftaran LHKPN (Laporan Harta   Kekayaan Pejabat Negara) yang membawakan materi dalam sosialisasi tersebut lebih menekankan kejujuran para calon dalam melaporkan LKPHN-nya. "Seorang kepala daerah dikatakan jujur jika melaporkan LHKPN-nya secara baik dan benar. Jika tidak maka calon kepala daerah tersebut tidak jujur sehingga pada saatnya nanti akan seperti itu jika terpilih,"kata Saragih.

 

Selain Theresia Siti hadir juga dalam acara itu Sekretaris KPU NTT, Ubaldus Gogi, Penasehat KPK, Budi Santoso, serta komunitas peduli pemilu yang menjadi peserta. (tim media kpu ntt)


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi