KUPANG—Tenggang waktu perbaikan berkas verifikasi administrasi bakal calon (Balon) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) tinggal satu hari. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggagendakan perbaikan berkas verifikasi administrasi 16 – 20 Mei

.

KPU NTT  mengharapkan para bakal calon anggota DPD Daerah Pemilihan NTT yang belum beres administrasinya agar segera dibereskan dalam waktu yang telah disiapkan.

 

Dalam rapat koordinasi, Rabu  (16/5/2018) lalu di Kantor KPU NTT, Komisioner KPU NTT, Gasim, membeberkan sejumlah masalah yang menjadi temuan dalam pembahasan SIPP (Sistem Informasi Penyelenggara Pemilu) data administrasi pendukung bakal balon.

 

Menurut Gasim, tereleminasinya dari sistem SIPP data pendukung bakal calon anggota DPD NTT disebabkan penggunaan DPT Pilpres 2014. Sementara pada tanggal 27 April 2018 telah ditetapkan DPT Pilgub NTT, sehingga bakal calon harus memperbaiki dokumen dukungan sehingga memenuhi syarat.

 

"Banyak bakal calon DPD NTT yang masih menggunakan data DPT tahun 2014 sehingga kekurangan dukungan. Seharusnya sudah menggunakan data DPT tahun 2018 karena kami sudah menetapkan DPT Pilgub tahun 2018 pada tanggal 27 April yang lalu," tegas Gasim.

 

Sejauh ini sudah 15 orang bakal calon anggota DPD NTT yang administrasi pendukungnya dinyatakan lengkap oleh KPU dari 41 orang yang menyerahkan dukungan.

 

Sementara staf KPU NTT Bidang Program SIPP, Angel Laka, mengatakan terkait dengan permasalahan yang dihadapi para operator disarankan kepada para operator untuk langsung membuka data pendukung yang tereliminasi dalam  program excel yang telah dibagikan soft copy-nya oleh KPU kemudian langsung disalin masuk dalam sistem dengan pendekatan menggunakan NIK sehingga data pendukung yang tereliminasi terakomodir di dalam sistem SIPP tersebut.

"Operator harus lebih fokus saat kami menjelaskan proses aplikasi SIPP yang menjadi sistem untuk melakukan pendataan dokumen syarat dukungan sehingga tidak bingung jika memasukkan dokumen dalam aplikasi SIPP," imbuhnya. (tim media kpu ntt)

 


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi