KUPANG—Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT, Rabu (30/5/2018) siang, melakukan sosialisasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS untuk Pemilihan Gubernur–Wakil Gubernur NTT.

 

Dalam simulasi tersebut perwakilan masing-masing KPU kabupaten/kota dan Provinsi NTT berkumpul di halaman KPU NTT untuk mendapat arahan dari Kepala Sub Bagian Teknis dan Humas, Agustinus Ola Paun.

 

Hadir dalam simulasi itu Ketua KPU NTT, Ketua Bawaslu NTT bersama staf, Perwakilan Panwaslu dari masing-masing kabupaten/kota dan Karo Ops Polda NTT.

 

Dalam sambutannya, Ketua KPU NTT, Maryanti Lutumas Adoe, mengatakan, sosialisasi ini adalah kegiatan yang penting dalam rangka menyongsong Pemilihan  Gubernur-Wakil Gubernur NTT 27 Juni 2018. Sosialisasi ini  dilakukan sedemikian rupa, digambarkan keadaan sebenarnya yang akan dihadapi.

 

"Kegiatan simulasi ini menggambarkan keadaan sebenarnya di lapangan saat pemungutan suara, sehingga sangat penting untuk dilakukan simulasi agar mengetahui masalah-masalah yang akan terjadi dan harus diantisipasi" tegas Maryanti.

 

Selain teknis pelaksanaan, simulasi tersebut juga akan mempraktekkan proses pengisian formulir-formulir yang ada.

 

Simulasi tersebut dipandu oleh Komisioner KPU NTT, Thomas Dohu, yang membidangi Teknis Kepemiluan.

 

Ada beberapa tahapan yang dilakukan simulasi, antara lain, proses pindah pemilih. pembagian C6 (pembagian C6 H-3 pemilihan), pemungutan dan penghitungan suara,

 

Untuk proses pindah pemilih, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Pemilih pindahan ke  TPS asal untuk mendapat formulir A5 yang harus terlebih dahulu dicek nama pemilih dalam DPT yang dilengkapi dengan KTP Pemilih (Model A5 untuk pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT). TPS asal langsung menandai pemilih tersebut dengan bubuhan keterangan pindah. Di TPS  tujuan, petugas mengecek A5 dan KTP kemudian mencocokkan dan memasukkan data pemilih ke A4 untuk masuk DPT. (tim media kpu ntt)


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi