KUPANG---Ada 13 bakal calon legislatif (Bacaleg) yang gugur pada tahapan perbaikan  berkas oleh partai politik. Dari 13 bacaleg yang gugur itu enam laki-laki dan tujuh perempuan. Total bacaleg yang resmi didaftar sebanyak 944 orang yang terdiri dari 602 laki-laki dan 342 perempuan.

 

Ke-13 bacaleg yang gugur itu akibat berbagai sebab, seperti berkas tidak lengkap, digantikan dan tidak memenuni syarat. “Benar, ada 13 bacaleg yang gugur di tahap perbaikan berkas. Sebelumnya pada tahap pendaftaran ada 957 bacaleg didaftarkan 16 partai politik,” kata Juru Bicara KPU NTT, Yosafat Koli, Jumat (3/8/2018) pagi.  

 

Tahapan penyerahan berkas perbaikan sudah ditutup Selasa (31/7/2018) lalu. Selanjutnya dari tanggal 1 Agustus hingga 7 Agustus, KPU akan melakukan verifikasi atas seluruh berkas perbaikan yang sudah dimasukkan partai politik. “Kita verifikasi semua berkas itu, baru kita tahu mana yang memenuhi syarat dan mana yang tidak memenuhi,” kata Yosafat.

 

Ke- 944 bakal calon legislatif ini akan bertarung di delapan daerah pemilihan (Dapil) memperebutkan 65 kursi DPRD NTT. Dapil 1 Kota Kupang memperebutkan 6 kursi, Dapil II Kabupaten Kupang, Rote Ndao dan Sabu Raijua memperebutkan 7 kursi, Dapil III Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, Sumba Barat Daya 10 kursi, Dapil IV  Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur 10 Kursi, Dapil V Nagekeo, Ngada, Ende, Sikka 11 kursi, Dapil VI Flores Timur, Lembata, Alor 7 kursi, Dapil VII Belu, Malaka, Timor Tengah Utara 8 kursi dan Dapil VIII Timor Tengah Selatan 6 kursi.

 

PBB Terkecil

 

Dari data perbaikan berkas bacaleg yang masuk, Partai Bulan Bintang (PBB) merupakan partai yang paling sedikit mendaftarkan bacalegnya. Dari 65 kuota kursi yang disiapkan PBB hanya memasukkan 25 bacalegnya. Bahkan di dua dapil, yakni Dapil IV dan Dapil VII, PBB tidak memasukkan nama bacalegnya.

 

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menempati peringkat kedua bacaleg paling kurang, yakni sebanyak 47 bacaleg dari kuota 65 kursi. Partai ini juga tidak mengajukan bacalegnya di Dapil V. (tim media kpu ntt)


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi