Bertempat di Aula Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur hari Minggu tanggal 14  Juli 2019 pukul 16.00 Wita, diselenggarakan kegiatan Rekonsiliasi Semester I Tahun Anggaran 2019. Kegiatan diawali dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur Thomas Dohu, Anggota KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur Yosafat Koli, Jeffry Galla, Lodowyk Fredrik, Fransiskus V. Diaz, dan Sekretaris KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur Ubaldus Gogi.

Dalam arahannya, Ketua KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur Thomas Dohu menyatakan kegiatan ini merupakan penyamaan data pelaksanaan anggaran antara satuan kerja UAKPA dan Wilayah UAPPA-W kemudian dilanjutkan rekonsiliasi I AUPPA di KPU Pusat. Catatan pemeriksaan pelaksanaan anggaran KPU Tahun 2018 oleh BPK-RI dengan opini Wajar Dengan Pengecualian menjadi motivasi semua satuan kerja untuk patuh pada regulasi keuangan dan harus benar-benar dijalankan dengan baik.

 

Sekretaris KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur Ubaldus Gogi pada kesempatan itu, menyampaikan beberapa hal terkait catatan hasil audit oleh BPK-RI terhadap hasil pelaksanaan anggaran KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur antara lain masih lemahnya administrasi keuangan, sistem pengendalian belum dijalankan secara memadai, masih lemahnya koordinasi antara operator dan bendahara sehingga banyak kekeliruan dalam penginputan data keuangan, serta laporan realisasi anggaran melalui aplikasi SIMONIKA belum disampaikan tepat waktu.

Ketua Panitia Pelaksana Ibu Sitti Salma, dalam laporan kegiatan mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai sarana evaluasi pengelolaan keuangan dan bahan penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat. Pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 69/PMK.06/2016 tentang Tata Cara Rekonsiliasi Barang Milik Negara dalam rangka Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat dan Surat Sekretaris Jenderal KPU nomor : 735/KU.03.2-Und/02/SJ/VI/2019 tanggal 27.

Kegiatan ini diikuti oleh 44 (empat puluh empat) operator berasal dari 22 (dua puluh dua) KPU Kabupaten/Kota se-Nusa Tenggara Timur, 2 (dua) operator dan staf Sub Bagian Keuangan Sekretariat KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sesuai agenda, hari kedua (15 Juli 2019) kegiatan diisi dengan Rekonsiliasi Semester I Tahun 2019 pukul 09.00 – 18.00 Wita. Sesuai rencana kegiatan berlangsung hingga tanggal 16 Juli 2019.

            Demikian Press Release Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur.

 


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi