KUPANG—Untuk menyukseskan pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur  NTT tahun 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT akan menyeleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) 27 Oktober 2017 mendatang. Seleksi ini langsung dikoordinir oleh KPU NTT untuk 12 kabupaten/kota serta Ende dan Nagekeo.

 

Menurut Juru Bicara KPU NTT, Yosafat Koli, seleksi PPK dan PPS yang dikoordinir oleh KPU NTT tersebut akan diikuti oleh 12 kabupaten/kota yang tidak menyelenggarakan pemilihan bupati-wakil bupati ditambah dua kabupaten yakni Ende dan Nagekeo. Sedangkan delapan kabupaten lain yang menyelenggarakan pemilihan bupati-wakil bupati dikoordinir langsung oleh kabupaten itu sendiri. “Untuk Ende dan Nagekeo, soal ujian seleksi saja yang dari KPU NTT,” kata Yosafat.

 

Seleksi PPK dan PPS sebagai penyelenggara yang sifatnya ad hoc itu terbuka untuk umum dengan persyaratan sebagai berikut: 

 

1. Usia 17 tahun

2. Tidak pernah terlibat dalam partai politik lima tahun terakhir

3. Ijasah SLTA

4. Berdomisili di wilayah tersebut.

 

Setelah melakukan seleksi administrasi, peserta yang dinyatakan lulus akan mengikuti tes tertulis pada 27 Oktober pada di masing-masing kabupaten.

 

Menurut Yosafat, saat ini timnya sedang bergerak mengantar logistik bahan ujian PPK dan PPS di 12 kabupaten/kota ditambah Ende dan Negekeo. Sedangkan 8 kabupaten lainnya dikoordinir langsung oleh KPU kabupaten masing-masing.

 

"Tanggal 27 Oktober mendatang kami akan melaksanakan ujian tertulis untuk PPK dan PPS di 12 kabupaten/kota ditambah Ende dan Negekeo. Logistik bahan ujian sedang didistribusikan oleh tim di lapangan," kata Yosafat.

 

Tahun 2018 mendatang, ada 10 kabupaten di NTT yang menyelenggarakan pemilihan bupati-wakil bupati. Ke-10 kabupaten tersebut, yakni Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Manggarai Timur, Nagekeo, Ende, Sikka, Alor, Rote Ndao, Timor Tengah Selatan, dan Kabupaten Kupang. (tim media kpu ntt)


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi