Bertempat di Hotel Neo Aston Kupang, hari Senin 19 Agustus 2019 pukul 17.00 Wita KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan dan Evaluasi Pemuthakiran Daftar Pemilih Pemilihan Umum Tahun 2019. Kegiatan diawali acara pembukaan yang dihadiri Pelaksana Harian (Plh.)Ketua KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur Jeffry Galla, Anggota KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur Yosafat Koli, Fransiskus V. Diaz, Lodowyk Fredrik dan Sekretaris KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur Ubaldus Gogi serta seluruh jajarannya.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Tingkat Nasional yang telah diikuti oleh Divisi Program dan Data KPU Provinsi se-Indonesia yang dilaksanakan di Kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 14 – 16 Agustus 2019. Peserta kegiatan adalah Anggota KPU Divisi Program dan Data dan Operator SIDALIH KPU Kabupaten/Kota se-Nusa Tenggara Timur dan berlangsung selama tiga hari sampai dengan tanggal 21 Agustus 2019.

Dalam sambutan Plh. Ketua KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur menyampaikan bahwa ada beberapa catatan penting terkait dengan pengelolaan data pemilih di Nusa Tenggara Timur antara lain terhadap Daftar Pemilih Khusus yang terdaftar dan ikut memilih di TPS pada saat Pemungutan Suara 17 April 2019. Dimana berdasarkan dokumen hasil rekapitulasi (DC1) tercatat di Nusa Tenggara Timur kurang lebih ada 96 ribu pemilih yang menggunakan fasilitas Daftar Pemilih Khusus. Angka ini menunjukkan capaian kinerja proses pemuthakiran data pemilih oleh petugas di tingkat bawah belum maksimal. Hal ini perlu menjadi perhatian bersama khususnya KPU Kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada pada Tahun 2020.

Beberapa agenda kegiatan rakor antara lain arahan umum dari Divisi Program dan Data serta diskusi kelompok untuk mendalami berbagai hal terkait regulasi, proses dan tahapan serta pengelolaan data pemilih.


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi