KPU NTT selama dua hari berturut-turut yakni tanggal 28 dan 29 Agustus 2019  menyelenggarakan Evaluasi Tahapan Teknis Pemilu 2019 dan Evaluasi Fasilitasi Kampanye 2019. Evaluasi Tahapan Teknis dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2019 bertempat di Aula KPU Provinsi NTT yang dihadiri oleh Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten/Kota serta Kasubag Teknis dan Hupmas.

   

Evaluasi Teknis bertujuan untuk menemukan dan menginventarisir berbagai kendala teknis mulai Penetapan Dapil, Pencalonan, Pemungutan dan Penghitungan suara, Penetapan calon dan aplikasi situng, dan merekomendasikan hasil evalusi untuk perbaikan dalam regulasi dan petunjuk teknis lainnya dalam Pemilihan kedepan

 

sedangkan evaluasi fasilitasi kampanye dilaksanakan di Aula Hotel Ima Kupang pada tanggal 29 Agustus 2019 dihadiri berbagai pihak diantaranya Pimpinan Partai Politik, KPU Kabupaten/kota, Bawaslu, KPID, LSM, Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi, Pemerintah Daerah,  Pihak media cetak, elektronik dan media on line.

Evaluasi Fasilitasi Kampanye  dilakukan untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan selama kampanye baik itu regulasi, dan pelaksanaan kampanye melalui berbagai metode sehingga diharapkan adanya solusi dalam pelaksanaan Pemilu diwaktu yang akan datang.

Ketua KPU Provinsi NTT saat membuka dua kegiatan tersebut menghimbau semua peserta untuk memberi masukan yang optimal untuk proses perbaikan ke depan sehingga pelaksanan tahapan teknis benar-benar berjalan sesuai regulasi dan fasilitasi kampanye diharapkan memberi dampak yang positif bagi peserta pemilu khususnya Pemilih.

Hasil evaluasi  untuk kedua topik tersebut akan menjadi bahan masukan ke KPU RI  dalam  merumuskan regulasi yang lebih memadai sebagai pedoman dalam melaksanakan tahapan Pemilu di masa yang akan datang. Di akhir kegiatan KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur menyerahkan penghargaan untuk KPU Kabupaten/Kota atas beberapa kategori keberhasilan dalam pengelolaan tahapan teknis Pemilu Tahun 2019. Daftar penerima penghargaan dapat dilihat dibawah ini.

A. Kategori Pengelola SITUNG terbaik pertama 100% lebih awal dengan jumlah TPS di atas 800

Juara I : Manggarai Timur

Juara II : Kota Kupang

Juara III : Sikka

B. Kategori Pengelola SITUNG terbaik pertama 100% lebih awal dengan jumlah TPS 500 - 800

Juara I : Timor Tengah Utara

Juara II : Malaka

Juara III : Belu

C. Kategori Pengelola SITUNG terbaik pertama 100% lebih awal dengan jumlah TPS 200 - 500

Juara I : Sumba Tengah

Juara II : Sabu Raijua

Juara III : Ngada

D. Kategori Kelancaran Koordinasi secara hirarki (Prov - Kab/Kota)

Juara I : Manggarai Barat

Juara II : Lembata

Juara III : Timor Tengah Selatan

E. Kategori Tanpa Rekomendasi Perbaikan Model DB-1 Pemilu 2019

Juara I : Ende

Juara II : Malaka

Juara III : Timor Tengah Utara


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi