Untuk memperdalam pengetahuan dan pemahaman dalam pengelolaan proses Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan memanfaatkan aplikasi SIMPAW, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan dan Penggunaan Aplikasi SIMPAW bagi 22 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota di Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari terhitung mulai tanggal 14 hingga 16 Februari 2020 bertempat di Hotel Amaris Kupang. Peserta kegiatan berjumlah 44 orang yang merupakan Ketua Divisi Teknis Penyelenggara dan Operator Aplikasi SIMPAW.  

Kegiatan dibuka oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur  Thomas Dohu pada pukul 17.30 Wita.  Dalam sambutannya Thomas Dohu menyampaikan beberapa hal penting terutama mengenai komitmen dalam penyelenggaraan tugas dan tanggungjawab sebagai Penyelenggara Pemilu.  Menurutnya komitmen mudah tergerus oleh berbagai dinamika yang hadir dan sarana-sarana untuk memperkuat komitmen salah satunya melalui pelaksanaan bimbingan teknis  dan rapat rutin. Kegiatan-kegiatan tersebut bukan sekedar formalitas namun juga perlu menjadi budaya untuk membangun komitmen bersama.  Ia menambahkan kepercayaan publik sempat hilang bagi lembaga KPU sehingga perlu usaha bersama untuk membangun kembali kepercayaan publik kepada lembaga KPU baik di tingkat nasional maupun di daerah. Di akhir sambutan Thomas Dohu mengingatkan sembilan KPU Kabupaten Penyelenggara Pemilihan Serentak Tahun 2020 perlu bekerja dengan baik dan mengikuti semua prosedur dan tata cara sesuai regulasi yang ada. Ia pun berharap  semua peserta dapat mengikuti secara utuh kegiatan ini dan menginternalisasikan apa yang diperoleh dalam bimbingan teknis ini kepada seluruh personil di satuan kerja masing-masing.  

Kegiatan ini dihadiri pula oleh dua orang ASN perwakilan dari Bagian PAW Biro Teknis Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Saudara Indra dan Rama. Materi kegiatan ini antara lain pembahasan tata cara penetapan calon pengganti antar waktu anggota DPRD, tata cara pemanfaatan aplikasi SIMPAW dan simulasi penyerahan dukungan calon perseorangan bagi 9 KPU Kabupaten Penyelenggara Pemilihan Serentak Tahun 2020.


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi