Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan metode Computer Assisted Test (CAT) menjadi salah satu tahapan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum Formasi Tahun 2019. Pelaksanaan seleksi dilakukan secara nasional pada 34 provinsi di Indonesia.

 

Untuk provinsi Nusa Tenggara Timur yang masuk dalam Rayon IV, pelaksanaan seleksi dilakukan hari Rabu, 26 Februari 2020 bertempat di Kampus Politenik Negeri Kupang.  Sebanyak 253 peserta seleksi berjuang untuk dapat lolos dalam proses seleksi ini.

 

Para peserta mengikuti sejumlah tahapan sebelum memasuki ruang test CAT seperti pengisian daftar registrasi manual, penyimpanan barang pribadi di loker, body check, pengisian daftar hadir dan penerimaan pin test. Semua tahapan test terpantau berlangsung dengan aman dan lancar.

 

(Penyimpanan barang pribadi peserta di locker)

 

(Body Check Peserta oleh Panitia)

(Penerimaan PIN test)

 

Pelaksanaan CAT dibagi dalam tiga sesi yakni sesi pertama pada pukul 08.00 - 09.30 Wita dengan total jumlah peserta 100 orang. Peserta yang hadir mengikuti seleksi 88 orang, tidak hadir 12 orang, tidak datang 10 orang dan yang hadir namun tidak membawa e-KTP sebanyak 2 orang. 

 

Sesi kedua berlangsung pukul 10.00 – 11.30 Wita dengan total jumlah peserta 100 orang. Peserta yang hadir mengikuti seleksi 90 orang. Peserta yang tidak hadir sebanyak 10 orang.

 

Sesi ketiga dimulai pukul 12.30-14.00 Wita dengan total jumlah peserta 53 orang. Jumlah peserta yang hadir 44 orang dan tidak hadir 9 orang.

 

Dari tiga sesi pelaksanaan CAT ini, total jumlah peserta yang hadir 222 orang dan tidak hadir 31 orang. Usai pelaksanaan test peserta dapat langsung melihat nilai pada monitor yang disiapkan panitia.

 

 (Suasana pelaksanaan CAT)

 

Pelaksanaan seleksi SKD dengan metode CAT ini melibatkan kepanitiaan dari BKN Pusat, panitia dari Biro SDM KPU RI dan KPU Provinsi NTT. Tim Panitia KPU RI yang bertugas di NTT adalah Koordinator Tim Achmad Syaifudin, Wakil Ketua Tim Afriadi Ristoni selaku Wakil Koordinator Tim, dr. Maya Setyawati sebagai fungsional Dokter beserta sejumlah staf fungsional umum Sekjen KPU RI.

 

(Karo SDM memantau pelaksanaan CAT didampingi Sekretaris KPU Provinsi NTT)

 

Kepanitiaan KPU Provinsi NTT juga melibatkan personil dari semua bagian di Sekretariat KPU Provinsi NTT. Pelaksanaan seleksi juga dipantau langsung oleh Kepala Biro SDM Sekretariat Jenderal KPU RI Lucky F. Majanto.

 

 

 (Pose usai seleksi CAT panitia BKN, Sekjen KPU RI dan KPU Provinsi NTT)


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi