KUPANG—Perubahan daerah pemilihan (Dapil) untuk pemilihan legislatif 2019 dan jumlah kursi anggota DPRD yang diperkirakan bertambah, cuma sebatas wacana. Nyatanya, pemilihan legislatif 2018 untuk DPRD NTT Dapil dan jumlah kursi DPRD NTT yang diperebutkan tetap seperti Pileg 2014, yakni 65 kursi.

 

Sebelumnya gencar rumor akan terjadi perubahan dapil seiring dengan bertambahnya jumlah pemilih di NTT. Salah satu  dapil  yang dipecah adalah Dapil V (Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka). Dapil dengan 11 kursi di DPRD NTT ini bakal dipecah menjadi dua, yakni Sikka-Ende dan Ngada-Nagekeo.

 

Selain perubahan dapil ini, jumlah kursi DPRD NTT juga diisukan bertambah 10 lagi sehingga menjadi 75. "Untuk DPRD NTT masih memperebutkan 65 kursi dari delapan daerah pemilihan (Dapil), sama seperti pemilu legislatif 2014," kata Juru Bicara KPU NTT, Yofasat Koli, di ruangan kerjanya, Kamis (16/12/2017) siang.

 

Delapan daerah pemilihan itu adalah Dapil I Kota Kupang dengan enam kursi, Dapil II meliputi Kabupaten Kupang, Rote Ndao dan Sabu Raijua dengan tujuh kursi.

 

Dapil III meliputi Kabupaten Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya dengan 10 kursi, Dapil IV meliputi Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat dengan 10 kursi. Dapil V meliputi Kabupaten Sikka, Ende, Ngada dan Nagekeo dengan 11 kursi, Dapil VI meliputi Flores Timur, Lembata dan Alor dengan tujuh kursi.

 

Dapil VII yang meliputi Kabupaten Belu dan Timor Tengah Utara (TTU) dengan delapan kursi dan daerah pemilihan VIII Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sebanyak enam kursi. "Untuk Pemilu Legislatif 2019 jumlah kursi yang diperebutkan tetap 65 dari delapan daerah pemilihan," kata Yosafat.

 

Mengenai DPR-RI, dia mengatakan, jumlah daerah pemilihan juga tetap dua dan jumlah kursi juga tetap sebanyak 13 kursi. Daerah pemilihan NTT I meliputi seluruh Flores, Lembata dan Alor dengan 6 kursi, dan Dapil NTT II meliputi seluruh Timor, Sumba, Rote dan Sabu dengan 7 kursi. (tim media kpu ntt)


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi