Kupang-Rapimnas Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Kupang menghasilkan beberapa rekomendasi untuk memperlancar dan mempermudah jalannya Pemilu 2018-2019 mendatang.

 

Rapimnas yang digelar di Hotel Aston Kupang sejak Selasa (12/9/2017) itu diikuti seluruh komisioner KPU RI, seluruh kepala dan wakil kepala biro serta semua Ketua KPU Provinsi se-Indonesia.

 

Tiga rekomendasi yang dihasilkan dari rapimnas itu yakni, pertama tentang metode atau cara pemutakhiran data pemilih supaya menjadi lebih rapi. Kedua, proses penyelesaian sengketa. Misalnya perlukah menggunakan pengacara lokal, pengacara nasional, pengacara negara atau bahkan bisa menyelesaikan sendiri apabila ada di antara komisioner atau Sekretariat KPU Provinsi maupun kabupaten/kota yang punya kapabilitas untuk melakukan proses beracara di pengadilan? Ketiga, verifikasi partai politik. Metode yang paling baik dan tepat untuk verifikasi partai politik sudah dirumuskan.

 

“Ada tiga rekomendasi dalam rapimnas tersebut yakni metode pemuktahiran data menjadi lebih mudah, proses penyelesaian senketa dan verifikasi partai politik," kata Ketua KPU RI, Arief Budiman, di Kupang, Kamis petang.

 

Dengan adanya tiga rekomendasi tersebut, kata Arief, pemilu tahun 2018-2019 bisa berjalan dengan baik dan lancar. “Dan kami berharap semua masyarakat Indonesia dapat mendukung seluruh proses demokrasi tersebut. Kami minta masyarakat agar tetap mendukung semua proses demokrasi yang berjalan sehingga semuanya menjadi baik dan berjalan dengan lancar sesuai dengan target," harap Arief. (tim media kpu ntt)


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi