KUPANG—Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe, meminta agar partisipasi pemilih menggunakan hak pilihnya meningkat lagi pada pemilihan kepala daerah di NTT tahun 2018.  Sepuluh kabupaten di NTT plus pemilihan gubernur-wakil gubernur akan berlangsung secara serentak tahun 2018.

 

Maryanti meminta itu dalam sambutannya pada acara peluncuran tahapan-tahapan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur NTT tahun 2018 di Aula El Tari, Kupang, Sabtu (14/10/2017) pagi. Acara berlangsung meriah diisi beragam acara hiburan.

 

Maryanti mengatakan, pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2015 dan 2017 di sejumlah kabupaten di NTT, partisipasi pemilih NTT terbilang rendah, di bawah target nasional sebesar 77,5 persen. “Target nasional partisipasi pemilih itu harus 77,5 persen, sedangkan dalam pilkada serentak di NTT partisipasi pemilih hanya 73,0 persen. Kami berharap angka partisipasi pemilih pada pilkada serentak dan Pilgub 2018 bisa mencapai target yang diharapkan,” kata Maryanti.

 

Menurut Maryanti, banyak pemilih di NTT belum menggunakan hak pilihnya alias golput. “Tingginya golput di NTT masih menjadi perhatian serius penyelenggara dan juga pemerintah. Maryanti bahkan meminta perhatian para pimpinan partai politik untuk membantu meningkatkan partisipasi pemilih.

 

“Saya selalu menyampaikan kepada KPU kabupaten dan kota agar terus sosialisasikan  supaya dapat mendorong pemilih dalam menggunakan hak pilihnya,” tegas  Maryanti.

 

Pada pemilihan umum tahun 2018, kata Maryanti, para pemilih harus menggunakan e-KTP. Pemilih yang sudah memenuhi persyaratan  tetapi belum memiliki e-KTP minimal telah melakukan perekaman e-KTP, sehingga ada data basenya di dinas kependudukan dan catatan sipil. “Dengan data base itu dukcapil bisa mengeluarkan surat keterangan,” kata Maryanti.

 

Maryanti mengaku KPU selalu menghadapi banyak risiko dalam proses pelaksanaan pemilu kada. “Tetapi dengan semangat kami tetap berusaha untuk sukseskan pemilu, baik pilgub maupun pilkada di sepuluh kabupaten,” tegasnya. (tim media kpu ntt)


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi