Pernyataan ini disampaikan oleh Anggota Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia yang turut hadir dan memberikaan sambutan dalam acara Launching Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat Tahun 2020 bertempat di Aula SMA Kristen Waikabubak,Kamis 5 Desember 2020 pukul 10.00 Wita. Menurutnya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupatiadalah untukmemutuskan siapa yang menjadi pemimpin bukan memutuskan silahturahmi. Untuk itu masyarakat diminta menjaga keadaan agar tetap kondusif dengan terus menjagasilahturahmi,  khususnya bagi para peserta pemilihan. Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati merupakan amanah Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Masyarakat juga diajak untuk berpartisipasi aktif dengan terus memperbaharui informasi terkait tahapan pemilihan dan memberikan keteranganyang benar ketika petugas pemutahkiran data pemilih melakukan pencocokan dan penelitian dari rumah ke rumah. Di akhir sambutannya ia mengajak masyarakat Sumba Barat untuk mendukung penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020.

 

         Usai memberi sambutan, Ilham Saputra melakukan penabuhan gong tanda dimulainya tahapan pemilihandidampingi Ketua KPU Provinsi NTT Thomas Dohu, Ketua KPU Kabupaten Sumba Barat Sophia Djami, keempat anggota KPU Sumba Barat dan ForkompimdaKabupaten Sumba Barat.Kabupaten Sumba Barat menjadi satu dari 270 daerah di Indonesia yang menyelenggarakan Pemilihan Serentak Tahun 2020. Pemungutan suara akan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020. Launching Tahapan Pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2020 menjadi tanda dimulainya rangkaian tahapan penyelenggaraan Pemilihan Tahun 2020.

       Acara ini dihadiri oleh Bupati Sumba Barat, Forkompimda, Pimpinan DPRD, Ketua dan Anggota KPU Provinsi NTT, Pimpinan Partai Politik setempat, para pemilih pemula dan disabilitas. Acara berlangsung meriah diisi dengan tari-tarian dan lagu.

      Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumba Barat menetapkan Dara Lei atau Kuda Jantan Yang Tangguh sebagai maskot dalam Pemilihan Tahun 2020.Maskot diperkenalkan oleh Anggota KPU Sumba Barat Teguh Raharjo dan AleksanderTalo Popo.


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi