Sistem perencanaan yang dilaksanakan dilingkungan KPU di tahun 2020 bukan lagi  menggunakan sistem Money folow Program tetapi menggunakan sistem Program folow money. Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Provinsi NTT, Thomas Dohu karena kecilnya anggaran KPU ditahun 2020. Beliau juga berpesan kepada Seluruh KPU Kabupaten /kota se NTT untuk memaksimalkan anggaran yang ada. Hal ini disampaikannya dalam sambutan untuk membuka Rapat Kerja KPU Provinsi Dengan KPU Kabupaten/Kota  se Provinsi NTT Terkait Dokumen Rencana Kerja dan Anggaran Tahun 2020 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 Desember 2019 bertempat di Hotel Swiss – Belinn Kristal Kupang.

Kepala Biro Perencanaan dan Data Sekretariat Jendral KPU RI, Bapak Sumariyandono dalam arahannya juga menyampaikan penurunan yang signifikan anggaran KPU dari 18 Triliun ditahun 2018 turun menjadi 2.1 Triliun di Tahun 2019 dan ini dirasa sangat kurang, bahkan anggaran KPU lebih kecil 900 Miliar dari anggaran Bawaslu.  Menurutnya anggaran yang ideal diterima oleh KPU adalah sekitar 3.1 Triliun, dan masalah ini sudah disampaikan ke DPR danPresiden Beliau meminta kerjasama seluruh satker dilikungan KPU untuk memaksimalkan penyerapan anggaran di semester I Tahun 2020 karena hal ini merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung KPU untuk meminta tambahan Alokasi Anggaran di tahun 2020.

Kegiatan ini diikuti oleh Ketua KPU, Sekretaris dan Operator RKAKL/E-Monev lingkup KPU Kabupaten/Kota se Provinsi NTT. Hadir pula dalam kegiatan ini Anggota KPU Provinsi NTT Bapak Frederik Lodowik dan Bapak Fransiskus V. Diaz, Sekretaris KPU Provinsi NTT, Ubaldus Gogi, dan seluruh Pejabat Struktural dilingkungan KPU Provinsi NTT.

Kegiatan diaksanakan untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Program dan Kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2017 dan 2018 agar hasil evaluasi ini dapat menjadi bahan masukan dalam Penyusunan Program dan Rencana Kerja KPU pada Tahun Anggaran 2020.

Kegiatan ini juga diisi dengan pendalaman aplikasi E-Monev, SMART, dan E-Lapkin bagi Operator guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada operator  agar dapat menginput data secara benar.


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi