Hari Minggu 8 Desember 2019 bertempat di Hotel Sotis Kupang, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Tata Cara Pencalonan bagi Ketua Divisi Teknis dan Operator Sistem Informasi Pencalonan dari sembilan KPU Kabupaten penyelenggara Pemilihan Tahun 2020. Kabupaten yang akan menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 adalah Malaka, Belu, TTU, Sabu Raijua, Sumba Barat, Sumba Timur, Ngada, Manggarai Barat, Manggarai

Kegiatan diawali dengan acara pembukaan pada pukul 09.00 Wita. Dalam laporan ketua panitia yang disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Teknis dan Hupmas Sekretariat KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur Agus Ola Paon diketahui tujuan kegiatan ini untuk mendalami pengelolaan tahapan pencalonan berdasarkan regulasi yang berlaku.

Ketua KPU Provinsi NTT Thomas Dohu dalam sambutannya ia mengatakan : “tahapan pencalonan merupakan tahapan yang paling krusial, semua partai menginginkan calon siap diusung melalui verifikasi dan penetapan oleh KPU. Untuk itu penyelenggara perlu memahami pengelolaan tahapan pencalonan, memiliki kemampuan koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak agar proses pencalonan dapat berlangsung dengan baik”. Ia juga menekankan pentingnya divisi teknis sampai ke tingkat ahli dalam memahami semua hal terkait pencalonan dan kapasitas penalaran terhadap dokumen-dokumen tersebut untuk dapat juga disosialisasikan kepada peserta pemilihan.

Kegiatan dipandu oleh Ketua Divisi Teknis KPU Provinsi NTT Lodowyk Fredrik diawali dengan pre test dan diakhiri dengan post test. Peraih nilai tertinggi pada post test bimtek mendapatkan souvenir dari Sub Bagian Teknis Sekretariat KPU Provinsi NTT. Dua komisioner Divisi Teknis yang mendapatkan nilai tertinggi adalah Yoseph Nahak dari KPU Malaka, Yohanes Gampung dari KPU Manggarai. Dua operator yang mendapatkan nilai tertinggi adalah Benediktus Hibur dari KPU Manggarai Barat  dan Falentinus Pea dari KPU Ngada.  

 


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi