Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malaka Tahun 2020 telah resmi diluncurkan pada tanggal 13 Desember tahun 2020 bertempat di aula Dekenat Gereja Katolik Betun. Peluncuran tahapan ditandai dengan penabuhan gong oleh komisioner KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur Divisi Teknis Penyelenggara Lodowyk Fredrik, disaksikan Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Malaka, Sekretaris Daerah Kabupaten Malaka Donatus Bere, Pimpinan Bawaslu Kabupaten Malaka, Forkompimda Kabupaten Malaka, Ketua dan Anggota KPU Belu, TTU, TTS beserta sejumlah undangan.

Acara dimulai pukul 15.00 Wita dibuka dengan tarian dan sapaan adat. Kelompok disabilitas dan pemilih pemula serta pimpinan partai politik turut hadir dalam kegiatan ini. Komisioner dan jajaran Sekretariat KPU Malaka optimis dalam Pemilihan Tahun 2020Ketua KPU Kabupaten Malaka  Makarius Bere Nahak dalam sambutannya mengatakan jajarannya sangat optimis dan siap menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Malaka meski dengan jumlah dana hibah yang disetujui pemerintah daerah terbilang kecil yakni sebesar 14,7 M. “Saya melihat semangat komisioner dan jajaran sekretariat KPU Malaka dalam Pemilihan ini, dan kami nyatakan kami siap bekerja” ujar Makarius. Selain itu, Makarius menyampaikan angka persentase partisipasi pemilih di Kabupaten Malaka dalam Pilkada Tahun 2015 sebesar 62 %,  Pemilu Tahun 2019 sebesar 72 % (naik 10%) namun belum mencapai target nasional sebesar 77,5%.  Untuk itu ia mengajak semua stakeholder menggiatkan sosialisasi untuk Pemilihan Tahun 2020 dan meminta masyarakat Malaka memberikan dukungan bagi keberhasilan Pemilihan Tahun 2020 sehingga mampu menghasilkan pemimpin Kabupaten Malaka yang membawa kesejahteraan bersama.

Hal senada dikatakan oleh Bupati Malaka Stef Bria Seran dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Malaka mengatakan : “Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malaka Tahun 2020 merupakan tanggung jawab semua pihak untuk mewujudkan Pemilihan yang damai tanpa unsur politisasi SARA”. Ia juga mengajak penyelenggara untuk menjaga integritas dan profesionalitas, adil dan tidak diskriminatif. Bagi masyarakat Malaka harapan Bupati Malaka untuk menjaga kedamaian dan ketertiban selama proses penyelenggaraan Pemilihan Tahun 2020. Sebagai perwakilan dari KPU Provinsi NTT, Komisioner Divisi Teknis Lodowyk Fredrik dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Malaka yang telah menyetujui NPHD Pemilihan Tahun 2020 di Kabupaten Malaka sesuai waktunya. Ia juga yang mengingatkan penyelenggara untuk bekerja sesuai regulasi yang ada serta mengajak masyarakat Malaka untuk menggunakan hak pilih di TPS pada tanggal 23 September 2020.


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi