Sesuai Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Walikota Tahun 2020 tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih adalah pada tanggal 15 Juli-13 Agustus 2020. Untuk itu pada Jumat 10 Juni 2020, KPU NTT mengadakan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan kegiatan coklit pada Jumat 10 Juli 2020 bertempat di aula KPU Provinsi NTT.

Rapat koordinasi ini melibatkan beberapa instansi seperti Bawaslu Provinsi NTT, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi NTT, Badan Kesbangpol Provinsi NTT, BIN Daerah NTT, serta Badan Pengelola Perbatasan Provinsi NTT. Kegiatan rakor ini dibuka oleh Ketua KPU Provinsi NTT Thomas Dohu dan dilanjutkan dengan pemaparan singkat proses pelaksanaan coklit oleh Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Provinsi NTT Fransiskus V. Diaz.

Dalam sesi diskusi, Bawaslu Provinsi NTT menekankan pentingnya melakukan bimbingan teknis yang benar-benar berkualitas bagi PPDP guna meminimalisir timbulnya masalah di lapangan. Perwakilan dari Disdukcapil berbicara mengenai status penduduk yang sudah meninggal namum masih masuk dalam DP4, disebabkan belum diterbitkannya akta kematian atas nama penduduk yang telah meninggal dunia.  Dari Perwakilan Badan Pengelola Perbatasan Daerah Provinsi NTT menekankan akan pentingnya sosialisasi sampai ke daerah perbatasan.


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi