Sesuai data yang diperoleh Tim Teknis KPU Provinsi NTT (7 September 2020) pada masa pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang berlangsung pada tanggal 4-6 September 2020 sebanyak 27 bakal pasangan calon telah mendaftar di 9 KPU Kabupaten Penyelenggara Pemilihan Tahun 2020 di Nusa Tenggara Timur. Rincian jumlah bakal pasangan calon yang telah mendaftar untuk Kabupaten Belu 2 bakal pasangan calon, Malaka 2 bakal pasangan calon, Manggarai 2 bakal pasangan calon, Manggarai Barat 4 bakal pasangan calon, Ngada 5 bakal pasangan calon, Sabu Raijua 3 bakal pasangan calon, Sumba Barat 4 bakal pasangan calon, Sumba Timur 2 bakal pasangan calon, Timor Tengah Utara 3 bakal pasangan calon

Dari 27 bakal pasangan calon tersebut terdapat 2 bakal pasangan calon perseorangan yakni di Kabupaten Ngada (Paket Wilfridus Muda dan Drs. Herman Say) dan Kabupaten Sabu Raijua (Paket Takem Irianto R. Pono dan Ir. Herman Hegi Radja Haba).

Selain itu ada 3 bakal calon bupati/wakil bupati perempuan yang ikut mendaftarkan diri yakni Drh. Maria Geong (Bakal Calon Bupati Manggarai Barat) dan Kristiana Muki, S.Pd.,M.Si (Bakal Calon Bupati TTU) dan Hj. Andi Riski Nur Cahya, SH (Bakal Calon Wakil Bupati Manggarai Barat).

Tahapan selanjutanya yang akan diikuti oleh para bakal pasangan calon sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 adalah tahapan pemeriksaan kesehatan pada tanggal 4-11 September 2020.

Terhadap proses pencalonan yang tengah berlangsung di 9 Kabupaten tersebut Ketua Divisi Parmas dan SDM KPU Provinsi NTT Yosafat Koli menyatakan bahwa sebagai penyelenggara KPU memastikan seluruh proses pelaksanaan tahapan dilakukan sesuai protokol Covid-19, untuk menghindari terjadinya penularan Covid-19. Pemeriksaan kesehatan para bakal pasangan calon dilaksanakan di RSUD W.Z. Yohanes, pemeriksaan psikologi oleh Himpsi bertempat di Hotel Naka dan pemeriksaan narkoba dilakukan oleh BNN Provinsi NTT.  

Saat ini para bakal pasangan calon telah berada di RSUD W.Z. Yohanes untuk mengikuti tes kesehatan dan akan diawali dengan test SWAB untuk memastikan para bakal pasangan calon bebas dari Covid-19.

Daftar nama bakal pasangan calon beserta partai pengusung pada 9 Kabupaten dapat dilihat dalam tabel di bawah ini :

 


Share this post on:

Berita Terkait

NTT Tuan Rumah Rapimnas KPU RI dan KPU Provinsi Se-Indonesia

KPU NTT Tetapkan DPT Untuk Syarat Dukungan Pilgub 2018

Ketua KPU RI Beri Kuliah Umum di Undana

12 Daerah di Indonesia Belum Tandatangani NPHD

17 September Semua NPHD Tuntas

Rapimnas KPU Kupang Hasilkan Tiga Rekomendasi